DUNIA MAYA








Karna ingin seperti teman-teman 

yang lebih terkesan Modern, 

aku mulai belajar menggunakan FACEBOOK. 

Kesannya.. 

Wah, sangat menyenangkan, 

mempunyai teman dari berbagai penjuru 

dunia.....





Karena-nya aku bisa..... 

- belajar dengan teman,

- bercanda lucu-lucuan, 

- bercerita aktivitas-ku,

- mengikuti hobby-ku, 

- juga mengasah kreatifitas yang aku miliki..

Awalnya aku sangat Bahagia..






Dan karena masih awam, juga belum mengerti

seluk beluk pertemanan di FACEBOOK,, 

setiap hari aku mendapat permintaan 

pertemanan dari berbagai daerah..

Tanpa membuka profil teman,, 

aku yang tak mengerti apa-apa, 

mulai meng-komfirmasi semua orang 

yang ingin berteman dengan~ku.







dan ternyata,  

aku masuk dalam Komunitas yang salah...

dan itu sangat menakut-kan bagi~ku..

Mulai dari foto-foto yang tak senonoh, 

Kemudian ada yang menelpon-ku untuk inbox,

malem-malem lagi.., 

sampai-sampai pria yang ingin phone sex.






Aku yang hanya perempuan biasa, 

dan tak terlalu mengerti apa-apa 

jadi bingung...,

Aku hanya ingin berteman, 

mengapa harus sampai seperti itu??

Jadi sesuai perintah agama-Ku, 

entah mereka marah atau tidak, 

aku mencoba untuk menasehati-nya.







Aku coba jelaskan 

bahwa aku bukan seperti itu,

jadi kalau kamu ingin seperti itu, 

kamu menemukan orang yang salah...








Aku mulai bertanya pada teman kantor-ku 

dan jawabannya sangat mengejutkan..

Katanya 70% orang yang menggunakan 

dunia maya, ya seperti itu, 

mereka hanya iseng.

Kalau kau bersedia,,, ya terjadi!







Aku berusaha menjelaskan dan menasehati 

orang yang iseng pada-ku.., 

dan respek-nya banyak juga.., 

ada yang salut, 

ada juga yang tak percaya, 

ada yang marah, 

ada yang malah meminta maaf,, dan 

ada juga yang memuji-ku, 

karna dia masih menemukan perempuan 

yang seperti ini..







Tapi ada satu orang yang mengirim foto 

yang tidak pantas diliat, 

dan dia dikirim ke kotak masuk-ku.., 

kemudian aku menyuruh dia menghapus-nya, 

juga tentu saja menasehati-nya...

dan ternyata diluar dugaan dia marah.








Karena niat awalku hanya berteman, 

dan ini tak sesuai dengan yang aku ingin-kan, 

akhirnya aku menutup akun Facebook-ku., 

walaupun akhirnya aku buka lagi, 

tapi jarang sekali aku gunakan.







Selanjutnya aku beralih ke BLOGGER, 

karna katanya kita bisa mencari 

penghasilan sampingan disana.., 

walaupun aku tak tau seperti apa,, 

aku daftar aja.., 

setidaknya aku bisa mengembangkan sedikit 

bakat menulis-ku.







Aku juga menambah akun dengan mendaftar 

ke YOUTUBE.,Ini sangat menyenangkan, 

karna aku bisa men-download, 

semua lagu baru atau-pun film terbaru 

yang aku suka...







Bener-bener sesuatu hal yang bisa 

membuat-ku jadi lupa waktu..,





Kemudian aku merambah ke GOOGLE+

Wah, ini sangat menyenangkan untuk-ku.

Aku bisa belajar 

bertanya 

menuliskan semuanya, dari hobby, 

kesedihan maupun kebahagiaan-ku..

Disini terkesan lebih elegan dan 

ada berbagai macam komunitas yang aku 

benar-benar suka..,

Mulai dari mawar, kucing, humor, blogger, 

politik dll.







Tapi mulai terulang lagi hal-hal 

yang tak aku inginkan

Aku hanya ingin berteman dan belajar, 

untuk menjadi lebih baik dan 

lebih baik lagi.., tapi kenapa???

Ada yang sms ga karuan,, 

Ada yang kirim foto-foto yang 

tidak pantas di lihat, yang lebih parah, 

ada yang mau minta phone sex???

Apa maksud-nya??







Sebenernya aku ga bisa marah, 

Ini mungkin juga salah-ku, 

yang mencantumkan no.hp di profil,, 

tapi keterangan sesederhana itu, 

memang diperlukan jika kita ingin mendaftar,

Masih syukur aku tidak menuliskan pin BB,, 








Tadinya aku bertanya-tanya,,,

Apakah Dunia maya harus seperti itu???

Apakah Dunia maya memang begitu??? dan

Apa yang harus aku lakukan???








Seiring berjalannya waktu,,,, 

selagi aku bertanya dan mencari tau 

sisi negatif dan fositifnya dunia maya....

Akhirnya aku sedikit mengerti dan 

mulai menemukan jawaban....








"Jika aku tak menginginkan-nya, 

maka hal yang tidak aku inginkan 

tidak akan terjadi."

Itu menjadi prinsip-ku.,, 

Logika-nya, jika kita hanya bertepuk 

dengan satu tangan, takkan mungkin 

mengeluarkan bunyi..??







Ini hanya sebagian dari sisi negatifnya 

Dunia maya,, 

mungkin ada banyak perempuan yang 

mengalami-nya, 

tapi tak berani untuk buka mulut..,








Diantara sisi negatif tersebut, 

tentu saja ada banyak sisi fositif-nya,, 

dan ini membuat aku jadi bangga, 








Sisi fositif-nya,,,

- Aku punya banyak teman,, 

- Aku merasa semakin pintar,

- Tidak terkungkung dan jenuh 

  dengan pekerjaan,, 

- Terlebih lagi aku bisa menyalurkan 

  hobby-ku,,

- Juga mencoba sedikit  bakat menulis,,

- Bergaul dengan semua kalangan.

- Setidaknya ada teman yang mengingatkan 

  aku untuk makan.

- Ada juga teman yang kirim sms 

  untuk bangun sholat subuh.

- Juga bisa berbagi hal-hal yang aku ketahui.

Ya, seperti itulah hidup yang harus dilalui.







Memang segala sesuatu di dunia ini, 

pasti ada sisi negatif dan sisi fositif-nya,,

Tentu hanya kita yang bisa menentukan arah 

mana yang akan kita lewati....,

Apakah lurus ke depan, 

atau harus masuk ke jurang...??







Ini hanya tulisan yang aku buat,

untuk merevisi tulisan-ku sebelum-nya.








Maaf jika aku sedikit mengungkap 

kebenaran yang ada,,







setidaknya ini akan membuat diri kita 

lebih baik dan lebih baik lagi...

Bagi teman-teman yang kebetulan membaca 

dan mengalami-nya,

saya harap jangan tersinggung yaa???









Jujur lebih baik dan lebih di hormati, 

dari pada kita harus berbohong,, 

apalagi berbohong pada diri kita sendiri..







Ok, terima kasih karena telah bersedia

membacanya,,,

Salam,

From Me
Yulia Karly









Comments

  1. oooh yulia karly,..sungguh engkau wanita yg terpuji,aku salut akan dirimu,..

    ReplyDelete
  2. teriama kasih saklam kenal dari mazlan,fb mazlan_aja@ymail.com
    mang benar sesuatu apapun yan kita kerjakan pasti ada negatif dan positifnya,skg tergantung kita menyikapi dan berbuat ok

    by:mazlan the-zikr

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT FOTO DENGAN ANIMASI FOCUS

BENIH SAYURAN HIDROPONIK SERBA 3RIBU

15 ISTILAH DALAM BELAJAR SEMAI BENIH HIDROPONIK